Sunday, February 10, 2013

Prancis Itu Negara Seperti Apa?




1. Letak dan Bentuk Geografis
Nama resmi Perancis adalah Republik Perancis dan terletak di bagian barat benua Eropa serta merupakan negara terbesar ketiga di Eropa setelah Rusia dan Ukraina. Kalau melihat bentuk wilayah Perancis, bentuknya mendekati segi 6 dimana 3 sisinya dikelilingi laut dan 3 sisi lainnya dikelilingi gunung. Wilayah bagian barat laut ketinggiannya rendah dan menjadi dataran atau dataran tinggi. Di wilayah tenggara, ketinggiannya tinggi serta tersebar Pegunungan Alpen dan Pegunungan Pirenia (Pyrenees).

2. Bendera Nasional
Bendera Perancis yang disebut Tricolore, terdiri dari warna biru, putih, dan merah. Warna biru melambangkan kebebasan, putih melambangkan persamaan, dan merah melambangkan persaudaraan. Yang dimaksud dengan persaudaraan adalah menghormati kepribadian manusia dan dari sudut pandang bahwa semua orang itu sama berarti cinta manusia itu melebihi ras, agama, dan kebangsaan.

3. Mata Uang
Satuan mata uang Perancis adalah Franc. Franc yang diterbitkan di bank yang didirikan oleh Napoleon adalah mata uang yang digunakan secara nasional setelah revolusi bulan Februari tahun 1848. Di tahun 1999, Euro menjadi mata uang tunggal di Uni Eropa, maka saat ini Perancis menggunakan mata uang Euro.

100 Franc (pic. Napoleon and Arc de Triomphe)
500 Franc with the pictures of Marie Curie




 

4. Pendidikan

Perancis melaksanakan wajib belajar dari umur 6 tahun hingga 16 tahun. Pertama-tama, dari Sekolah Dasar (umur 6-10 tahun) lalu melewati tingkat 1 yang merupakan proses lanjutan persiapan kerja, yaitu Pendidikan Lanjutan (umur 11-14 tahun). Jika menyelesaikan Pendidikan Tingkat Atas (Higher Education) yang merupakan tingkat 2 (umur 15-17 tahun), maka melanjutkan ke Universitas sesuai pilihannya sendiri. Biaya pendidikan dari sejak dari Taman Kanak-Kanak sampai Pendidikan Tingkat Atas, semuanya gratis. Dan biaya Universitas pun semuanya gratis, kecuali untuk beberapa sekolah swasta.

 
5. Kehidupan Rakyat
Perancis adalah negara maju yang menerima keuntungan dari peradabannya dan menjalani kehidupan yang nyaman (lebih dari cukup). Khususnya, sistem hari liburnya berkembang dan pada saat musim panas di bulan Juli sampai Spetember maka 50% penduduknya berlibur di pantai atau desa. Di Musim dingin pun mereka menikmati bermain ski di Pegunungan Alpen.


2 comments:

  1. Replies
    1. Yuk sama aku ({}) aku temenin kamu. Jadi guide-nya. Nanti biayanya kamu yg nanggung :D ide cerdas kan?

      Delete