Sunday, February 10, 2013

Linux Operating System




Salah satu Sistem operasi yang sangat terkenal saat ini adalah Linux. Linux adalah sebuah sistem operasi open source (bebas terbuka) bertipe Unix. Menjadi sebuah sistem operasi open source, source code linux bisa dilakukan modifikasi sehingga dapat dipakai serta didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.


Linux sendiri berasal dari nama sang penemunya. Pada tahun 1991, Linux diperkenalkan kepada publik oleh Linus Torvalds. Untuk sistem, peralatan sistem serta pustakanya, umumnya berasal dari sistem operasi GNU yang telah diumumkan oleh Richard Stallman pada tahun 1983. GNU memiliki kontibusi lebih munculnya GNU/Linux.


Sampai saat ini, Linux telah dipercaya oleh para penggunanya untuk mengisi sistem pada Server, dan hingga saat ini pun, Linux telah banyak mendapatkan dukungan dari para penggerak teknologi elektronik seperti Intel, Dell, IBM, Oracle Corporate, Red Hat, Sun Microsystem, dan lain sebagainya.


Linux yang telah banyak dilakukan pengembangan dan biasa dikenal dengan Linux Distribution (distribusi linux / distro linux) pada umumnya telah mendukung perangkat-perangkat seperti web server, programming language, database, desktop environtment display seperti GNOM, KDE, dan Xfce. Selain itu Linux juga telah dilengkapi dengan sistem aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric, dan LibreOffice.

Linus Torvald
Linus Torvalds lahir di Florida pada 28 Desember 1969. Beliau adalah seorang rekayasawan perangkat lunak di florida, dan beliaulah sang pencetus dan pengembang kernel Linux dan sampai saat ini Linus bertindak sebagai koordinator proyek sistem operasi open source tersebut.


Richard Stallman




Richard Stallman lahir 16 Maret 1953, Beliau adalah seorang pendiri gerakan open source. Richard adalah penggerak GNU C Compiler, serta GNU Debugger.

 
 
 
 
Sumber: http://orangbaca.blogspot.com/2013/02/linux-operating-system.html

No comments:

Post a Comment