Thursday, February 14, 2013

Ingin Mencegah Penyakit Jantung? Kenali Angka di Tubuh Anda

Ingin Mencegah Penyakit Jantung? Kenali Angka di Tubuh Anda
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli jantung dari Mayo Clinic Amerika Serikat Thomas Behrenbeck MD PhD mengatakan mengenali "angka" pada tubuh dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

"Anda harus mengetahui angka tubuh anda sendiri, seperti berapa kadar kolestrol, trigliserida, gula darah, dan tekanan darah," ujar Behrenbeck dalam acara konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Kebanyakan masyarakat, lanjut dia, tidak mengetahui berapa angka yang ada di tubuhnya. Padahal angka-angka tersebut sangat penting untuk mengetahui kesehatan jantung.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri sangat sedikit yang mengetahui angka tubuh mereka tersebut.

"Perlu digarisbawahi bahwa 30 persen serangan jantung pada pria dan 45 persen pada perempuan terjadi tanpa ada gejala sebelumnya," jelas Behrenbeck.

Padahal untuk mengetahui angka-angka tersebut tidak memerlukan biaya yang besar, jika di Amerika Serikat hanya mengeluarkan biaya sekitar 30 dolar.

"Bandingkan dengan pengobatan yang memerlukan biaya yang mencapai 250 ribu dolar," tambah dia.

Jika masyarakat mengetahui angka tersebut, bisa menekan sebanyak 20 persen resiko penyakit mematikan itu pada 2020.

Dulu, sambung Behrenbeck, ketika dia memulai sekolah kedokterannya sebanyak 66 persen pasien penyakit jantung meninggal. Namun pada tahun lalu, di Mayo Clinic hampir 90 persen yang menderita penyakit jantung bisa sembuh. "Semua dengan adanya kemajuan teknologi."

Kendati demikian, dia mengingatkan agar masyarakat jangan terlena dengan kecanggihan teknologi. Menurut dia, yang paling utama adalah menjaga gaya hidup agar terhindar dari penyakit jantung.

Berdasarkan data PBB sebanyak 17,1 juta pasien meninggal setiap tahunnya di seluruh dunia akibat penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment