Monday, March 4, 2013

Ratu Elizabeth II Dirawat Karena Gejala Gastroenteritis


LONDON - Ratu Elizabeth II terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena menderita infeksi di bagian perutnya. Ratu berusia 86 tahun itupun terpaksa membatalkan kunjungannya ke Roma.

Menurut laporan dari Istana Buckingham, Ratu Inggris menderita gejala Gastroenteritis (radang lambung dan perut). Ratu Elizabeth saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit King Edward VII yang terletak di London.

"Sebagai tindakan pencegahan, seluruh dinas kenegaraan pada pekan ini harus ditunda atau dibatalkan," demikian pernyataan dari Istana Buckingham, seperti dikutip Associated Press, Senin (4/3).

Penderita Gastroenteritis umumnya mengalami diare dan sering muntah. Penyakit itu juga dinilai cukup berbahaya bagi seorang manula. Gastroenteritis juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Seperti diketahui, penyakit itu sudah dirasakan Ratu Elizabeth pada Jumat pekan lalu. Oleh karena itu, Elizabeth membatalkan kunjungannya ke Swansea, Wales. Ratu menghabiskan hari-harinya dengan beristirahat di Kastil Windsor.

Ratu yang sudah berkuasa di Inggris sejak 1952 silam itu sempat dirawat di rumah sakit pada 2004 silam dan menjalani operasi lutut. Ratu juga sempat mengalami sakit punggung lima bulan yang lalu namun penyakit itu dikabarkan sudah pulih.

Pada pekan lalu, agenda sang ratu memang dinilai cukup padat. Ratu menjumpai Uskup Agung Canterbury yang baru, Justin Welby, di Istana Buckingham pada Selasa pekan lalu. Dan pada hari Kamis, Ratu Elizabeth membuka acara olah raga.

Menurut editor dari Majalah Britain's Majesty, Inggris Seward, Ratu Elizabeth sangat setuju bila dirinya dilarikan ke rumah sakit dengan cepat. Perdana Menteri David Cameron juga berharap agar Ratu cepat sembuh.

No comments:

Post a Comment