Monday, February 11, 2013

7 Teknik Penurunan Berat Badan yang Bisa Bikin Tubuh Tambah Tambun

Berita Satu
Salah dilakukan malah berisiko bikin tubuh tambah tambun.

Saking besarnya keinginan banyak perempuan untuk tampil langsing dan ramping, beragam hal akan ia lakukan. Saat ini, ada begitu banyak teori menurunkan berat badan. Ini patut diwaspadai dan dicermati. Salah-salah, malah bikin bobot malah bertambah.


Berikut ini 7 gaya diet yang berpotensi membuat tubuh tambah tambun:

1. Lari subuh

Rumornya, bangun pagi sebelum matahari terbit untuk berolahraga akan mendorong metabolisme sepanjang hari.

Sayangnya, hal ini berisiko membuat orang yang mempraktikkan teknik ini justru membahayakan waktu tidur. Kekurangan waktu tidur sangat berhubungan dengan penumpukan berat badan. Orang yang merasa kelelahan akan lebih sering merasa lapar karena otak mencari cara cepat pendorong tenaga.

Menurut Michael Breus, direktur klinik kesehatan Arrowhead Health di Glendale, AS, mengatakan, bila seseorang merasa terlalu lelah, ia akan kesulitan untuk merasa kenyang lebih lama. Leptin adalah hormon yang mengatakan kepada otak untuk berhenti makan, dan bila Anda kurang tidur, hormon leptin pun akan berkurang.

2. Mencoba menjadi vegan

Konon, mengkonsumsi segala hal yang natural dan tidak diproses akan memberikan lebih banyak energi dan memudahkan tubuh menurunkan berat badan.

Namun, nutrisionis Rania Batayneh, seperti dikutip dari The Gloss mengatakan, kebanyakan orang yang baru mencoba menjadi vegan justru merasa kesulitan menjalani teknik ini, dan pada akhirnya malah mengkonsumsi lebih banyak makanan tak sehat, seperti kue, biskuit, bahkan es krim akibat
merasa dietnya terlalu ketat. Jelas, ini akan berakibat pada mendadak meningkatnya berat badan.

3. Kelas olahraga moderat

Bila diperhitungkan, mengikut kelas-kelas olahraga akan meningkatkan aktivitas fisik seseorang dan membakar banyak lemak pada tubuh.

Namun pada kenyataannya, para ahli berpendapat, hanya sedikit jenis olahraga di kelas yang benar-benar membakar banyak lemak. Contoh, setengah jam berlatih Pilates hanya membakar sekitar 120 kalori. Padahal, satu bungkus snack bisa memiliki kalori lebih banyak dari itu. Lebih parah lagi, olahraga membuat seseorang merasa lapar dan karena merasa baru saja membakar banyak kalori, satu batang cokelat tak akan berpengaruh. Padahal, perhitungannya, kalori yang terbakar tidak sepadan dengan kalori yang baru masuk.

4. Berlatih Kardio

Katanya, berlatih kardio adalah cara tercepat untuk menurunkan berat badan.

Namun, kardio sangat rentan membuat seseorang merasa sangat lapar. Kardio akan memicu tubuh berkeringat yang pada akhirnya akan membuat tubuh dehidrasi. Tubuh amat rentan menyalahartikan dehidrasi dengan rasa lapar. Karena latihan kardio tidak membangun otot, latihan ini tak akan membangunkan metabolisme tubuh yang sedang tertidur, artinya jumlah kalori tetap diam dalam tubuh.
5. Minum soda jenis diet ketimbang yang biasa

Rumornya, mengganti soda jenis biasa dengan versi diet mampu mengurangi asupan kalori. \

Tetapi, pada dasarnya, mengkonsumsi minuman berpemanis buatan akan mematikan sensitivitas indra perasa, yang artinya akan membuat Anda merasa ingin terus-terusan mengkonsumsi rasa manis. Pada dasarnya, bila Anda minum minuman berpemanis buatan, terutama yang tipe diet, Anda akan merasa ingin mengkonsumsi asupan manis lagi.

6. Menghindari karbohidrat

Caranya, dengan berpantang makan makanan berkarbohidrat tetapi halal untuk mengkonsumsi hal-hal lainnya, termasuk daging berlemak.

Awalnya, diet ini berhasil menurunkan berat badan. Tetapi teorinya, karena Anda menurunkan jumlah kalori. Namun, karbohidrat punya fungsi untuk membuat tubuh merasa lebih kenyang dengan kandungan seratnya. Terlebih lagi, karbohidrat punya fungsi memproduksi serotonin, yakni hormon yang membuat tubuh merasa nyaman, artinya, tanpa karbohidrat, seseorang akan mudah marah dan mood-nya jelek. Bila Anda benar-benar berpantang karbohidrat, akhirnya Anda akan mencoba mengisi perasaan kekurangan itu dengan menelan banyak makanan lain.

7. Tak makan buah

Rasa manis dari buah katanya bisa menyebabkan tubuh bertambah tambun.

Meski memang buah-buahan mengandung gula, tetapi buah juga mengandung serat dan nutrisi berguna lain yang baik untuk tubuh.

Inti untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengatur agar asupan tidak melebihi kebutuhan tubuh dan membakar kalori dengan cara yang baik dan benar. Masih mau melakukan teknik-teknik di atas?



No comments:

Post a Comment