Monday, January 14, 2013

11 Hal Berani Yang Bisa Kamu Lakukan


Banyak orang yang berani melakukan hal-hal luar biasa. Namun, tanpa mereka sadari, hal-hal kecil yang justru terlihat sederhana tak bisa mereka lakukan. Berikut adalah 11 hal berani yang bisa dilakukan oleh siapapun:


1.       Berani Bertanggung Jawab

Ketika kamu melakukan kesalahan, beranikah kamu mengaku? Tanggung jawab juga membicarakan tentang bagaimana kamu berani menghadapi tantangan di sekitar kamu. Berani membuat keputusan (dan melakukannya), itu juga merupakan bentuk tanggung jawab.

2.       Berani Berbuat Sesuai Janji

Bicara itu mudah, tapi melakukannya itu soal lain.

3.       Berani Mewujudkan Mimpi

Kita tidak akan bisa mendapatkan hal yang besar jika untuk bermimpi besar saja kita tidak berani. Dan tentu saja tidak hanya bermimpi. Kita juga harus berani bertindak untuk melakukannya.

4.       Berani Menjadi Diri Sendiri

Berani menjadi diri sendiri bukan berarti bersikap ‘semau gue’, melainkan menyadari bagaimana Tuhan menciptakan kita dengan segala kelebihan dan kekurangan kita. Maka, yang harus dilakukan kini adalah kembangkan terus kelebihan yang kita miliki tanpa harus ikut-ikutan orang lain.

5.       Berani Bicara

Orang yang banyak bicara belum tentu berani berbicara. Berani bicara bukan sekadar ngomong, tetapi berani mengungkapkan pikirannya, ide-ide, dan opininya kepada orang yang tepat. Kalau Cuma sekadar suka ngomongin orang sih tidak termasuk dalam keberanian berbicara.

6.       Berani Bertindak

Tidak akan ada perubahan tanpa perbuatan. Sekadar protes pun tidak akan mengubah apa-apa. Kita harus berani take real action untuk mengubahnya.

7.       Berani Tekun

Nah, ini yang sering tidak dilakukan orang. Banyak orang hanya setengah-setengah dalam bertindak. Tidak total. Oleh karena itu perlulah kita untuk berani tekun.

8.       Berani Berkata Tidak

Say no untuk hal-hal yang bisa merusak masa depan kita, yang bisa membelokkan visi kita sebagai anak Tuhan, untuk hal yang belum waktunya, untuk hal baik yang bisa membuat kita tidak bisa mendapat yang terbaik.

9.       Berani Membuka Diri

Berani mencoba cara baru, belajar hal baru, mempertimbangkan dan mencoba memahami pendapat orang lain walau kelihatannya tidak sesuai dengan kita, dsb.

10.   Berani Melepaskan

Kecenderungan kita adalah ingin mengendalikan dan menguasai semua hal. Padahal, kadang kita butuh untuk melepaskan, berani memberi, berani berkorban; untuk orang lain dan terutama untuk Tuhan.

11.   Berani Memimpin

Memimpin itu bukan masalah posisi, tetapi pilihan. Berani memimpin disini artinya kamu berani menjadi inspirasi agar orang-orang di sekitarmu juga bisa ikut ketularan positif.

 

Inilah 11 hal berani yang kelihatannya sederhana tapi banyak yang tidak sanggup melakukannya. Mulailah dari hal yang sederhana maka kamu akan berani untuk hal-hal luar biasa lainnya. Ayo, coba! #Gabby

No comments:

Post a Comment