Sunday, February 24, 2013

10 Hal Mengejutkan yang Mampu Meningkatkan Kekuatan Otak

Hal-hal tak terduga yang meningkatkan IQ Anda
Berjuang untuk memecahkan masalah, ingatan terasa sedikit kabur atau hanya perlu merasa lebih fokus dan waspada? Periksa 10 hal mengejutkan yang dapat memberikan dorongan untuk otak Anda.
 
 
Penguat otak 1: Permen karet
 
Jika Anda memiliki pertemuan penting atau tengah mendekati ujian dan tiba-tiba butuh untuk merasa lebih berkonsentrasi, cobalah untuk mengunyah beberapa permen rasa mint. Para peneliti di Conventry University menemukan bahwa mengunyah permen karet rasa mint mampu secara dramatis mengurangi rasa kelelahan, sementara penelitian terpisah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan nilai tes dan meningkatkan memori sebesar 35 persen.


Penguat otak 2: Bermeditasi
 
Jika Anda sedang menghadapi masalah tapi tidak dapat menemukan solusi yang tepat, menghabiskan beberapa waktu di luar ruangan terputus dari laptop dan ponsel bisa memberikan otak Anda dorongan yang dibutuhkan. Hasil penelititan yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE menunjukkan bahwa hampir 50 persen dari orang-orang dewasa lebih baik dalam sebuah tes kreativitas setelah berpartisipasi dalam aktivitas mendaki selama empat hingga enam hari tanpa perangkat elektronik. Hasil ini bisa terjadi karena kemungkinan dari adanya hamparan alam dan penurunan stres digital.


Penguat otak 3: Melamun

Lain kali, jika Anda merasa bersalah karena telah melamun dan bukannya menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan, yakinkan diri Anda bahwa membiarkan pikiran mengembara benar-benar dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah. Para peneliti di University of British Columbia menemukan bahwa ketika pikiran orang berkelana, bagian otak mereka yang berhubungan dengan pemecahan masalah menjadi lebih aktif dibandingkan berfokus pada tugas-tugas rutin, yang memungkinkan mereka bekerja melalui dilema yang sulit.


Penguat otak 4: Mencium rosemary

Rosemary tidak hanya lezat untuk dijadikan sebagai penyedap bahan makanan, ramuan ini juga baik untuk meningkatkan otak Anda. Para peneliti dari Northumbria Universty menemukan bahwa bahan kimia yang terkandung dalam minyak rosemary (1,8-cineolecan) dapat meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan mood. Studi menemukan bahwa para peserta yang mencium minyak rosemary tampil lebih baik dalam tes kognitif mengukur kecepatan, akurasi, dan suasana hati.


Penguat otak 5: Cokelat

Jika Anda sedang mencari alasan untuk menikmati perawatan favorit Anda, tidak perlu mencari jauh-jauh. Cokelat kaya akan bahan kimia (yang disebut flavonoid) yang mempu meningkatkan kekuatan otak Anda. Cokelat juga mampu meningkatkan keterampilan kognitif dengan menginduksi pembentukan baru di otak dan meningkatkan kemampuannya untuk membentuk memori baru, serta memperlancar aliran darah ke otak. Salah satu studi menemukan bahwa ketika wanita dewasa diberikan minuman cokelat yang kaya dengan kandungan flavonoid, aliran darah ke otak peserta meningkat dalam waktu dua jam dan mereka tampil lebih baik dalam tugas mental yang kompleks.


Penguat otak 6: Hewan lucu

Banyak dari kita tahu bahwa memiliki hewan peliharaan baik untuk kesejahteraan fisik dan emosional. Tetapi apakah Anda tahu bahwa hanya dengan melihat gambar binatang lucu bisa meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja? Penelitian yang dipimpin oleh seorang psikolog kognitif di Hiroshima University menemukan bahwa melihat gambar binatang lucu membantu peserta untuk memusatkan perhatian mereka pada tugas-tugas lebih efektif.


Penguat otak 7: Teman-teman Anda

Terlepas dari seberapa intelektual jalinan percakapan Anda dengan teman-teman, hal tersebut tetap memiliki manfaat yang baik untuk otak Anda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat, isolasi sosial merupakan faktor yang memengaruhi penurunan fungsi mental di usia tua. Para ahli percaya hal tersebut terjadi dengan tidak digunakannya berbagai variasi keterampilan komunikasi yang ada. Peneliti menunjukkan bahwa semakin luas jangkauan sebuah hubungan (keluarga, teman, pekerjaan, dan sebagainya) yang dimiliki seseorang, semakin sedikit penurunan kognitif yang akan dialami seiring berlajutnya usia. Jadi, berikan otak Anda dorongan lebih lanjut dengan memperluas lingkaran sosial Anda.


Penguat otak 8: Musik

Jika Anda sedang mencari hobi baru, mengapa tidak mempertimbangkan untuk mengambil kursus musik? Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neuropsychology menunjukkan bahwa musisi tampil secara signifikan lebih baik dalam beberapa tes kognitif, mungkin ketika mempelajari dan menampilkan permainan musik hal tersebut berfungsi sebagai latihan untuk merangsang otak. Para ilmuwan juga menemukan bahwa menjadi musisi membantu untuk mencegah penurunan yang terkait dengan usia di bagian tertentu dari otak yang dikenal dengan area Broca.


Penguat otak 9: Kebugaran fisik
Kita semua tahu manfaat latihan fisik; namun penelitian telah menemukan bahwa menjadi sehat secara fisik juga bisa menguntungkan otak Anda. Sebuah ulasan yang dipublikasikan dalam Psychonomic Bulletin & Review menemukan bahwa banyak fungsi kognitif seperti beralih tugas, perhatian selektif, dan memori kerja tampaknya merupakan manfaat yang didapat dari latihan aerobik.


Penguat otak 10: Video game

Bermain video game seringkali terlihat sebagai bentuk penundaan dengan manfaat kesehatan yang sangat kecil; meski demikian, penelitian telah menunjukkan bahwa bermain video game bisa melatih pikiran dan bahkan membalikkan penurunan kognitif. Psikolog di University Illinois mempelajari orang dewasa di atas 60 tahun dan menemukan bahwa bermain video game memberikan manfat kognitif yang tetap selama beberapa pekan setelah itu dan dapat diaplikasikan ke tugas sehari-hari. Hal tersebut juga termasuk meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan dan kemampuan untuk beralih di antara tugas-tugas secara cepat.



Sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com/sehat-dan-bugar/10-hal-mengejutkan-yang-mampu-meningkatkan-kekuatan-otak

No comments:

Post a Comment